Telematika dalam Otomotif

Selama bertahun-tahun, teknologi yang terlibat dalam industri manufaktur mobil telah menjadi lebih maju, sebagai pembuat mobil pergeseran fokus mereka dari transportasi dasar untuk desain fitur yang membuat kendaraan lebih aman, lebih nyaman, dan lebih mudah dioperasikan. Salah satu fitur tersebut adalah global positioning system (GPS).

Ketika dipasang di dalam mobil, unit GPS dapat memberikan informasi yang berguna tentang posisi mobil dan rute perjalanan yang terbaik untuk tujuan tertentu dengan menghubungkan diri dengan built-in peta digital. Sebuah monitor di mobil menunjukkan bagian yang relevan dari peta. Pengemudi dapat memasuki lokasi target, dan komputer akan menghitung dan menampilkan rute optimal itu seketika. Dapat merespons preferensi pengguna dan peta rute yang menghindari jalan raya atau menghindari jalan-jalan lokal. Jika peta cukup rinci, hal itu juga akan menyediakan lokasi pompa bensin terdekat, supermarket, restoran, hotel, dan mesin ATM. Beberapa unit GPS dapat mengeluarkan petunjuk pendengaran (yaitu, "Belok kiri,") untuk memandu pengemudi ketika mereka melakukan perjalanan.

GPS juga melacak jarak yang ditempuh pada perjalanan tertentu, kendaraan jarak tempuh, dan kecepatan. Ia dapat mencatat aktivitas mengemudi, termasuk alamat masing-masing tujuan, nama-nama jalan-jalan pergi, dan berapa lama kendaraan tetap di setiap lokasi, untuk memungkinkan pemilik untuk memantau penggunaan mobil oleh pembalap lain. Beberapa masalah sistem peringatan ketika mobil yang melaju dan ketika mobil mendekati kecepatan perangkap.

GPS dapat membantu dalam pemulihan mobil curian. Terintegrasi dengan sistem keamanan mobil, GPS dapat memberitahu pemilik mobil melalui telepon atau e-mail saat alarm mobil dipicu, dan menunjukkan lokasi mobil.

Pemilik dapat menghubungi unit GPS dari luar mobil dengan menggunakan ponsel atau melalui internet, dan dapat menghidupkan mesin mobil dari jarak jauh dan membuka pintu, memecahkan masalah kunci beku

ada contoh kasus di jakarta, mobil curian dapat di temukan kembali karena bantuan GPS, lokasi mobil tersebut ke ditek oleh sistem GPS sehingga memudahkan polisi untuk menangkap pelakunya, dan mobilnya pun kembali ke pemilik aslinya.

0 komentar: