Pakar Telematika Henk G. Sol

akhir-akhir ini banyak sekali masalah yang beredar tentang informasi telematika,yang berawal di karenakan adanya UU ITE yg membuat orang-orang tidak bisa secara leluasa untuk mengungkapkan perasaanya di dalam dunia maya, sebenarnya meraka tidak ada maksud untuk mencela, menjelek-jelekan seseorang / suatu instansi. contoh saja kasus prita dan artis indonesia luna maya.
kasus-kasus ini membuat para pakar telematika indonesia Roy suryo pun angkat bicara dalam menangani kasus ini.

Roy suryo merupakan pakar telematika yang ada di indonesia, namun sebenarnya pakar telematika tidak hanya roy suryo saja, jauh sebelum roy suryo beredar di dalam dunia telematika,di dunia pun ada pakar-pakar telematika lainya, sebut saja tokoh telematika yang berasal dari belanda Henk G. Sol .

Gerard Henk Sol (lahir 1951) adalah seorang Belanda ahli teori organisasi, konsultan, dan Profesor dari Sistem Teknik di Delft University of Technology, dan Profesor dari Teknik Bisnis dan ICT di Universitas Groningen. Penelitiannya berfokus pada pengembangan layanan diaktifkan oleh ICT, sistem informasi manajemen, sistem pendukung keputusan dan telematika.. Saat ini minat penelitiannya bergeser ke arah informasi merancang-intensif, organisasi inovatif.

Henk Sol lahir pada tahun 1951 di dekat Groningen. . Pada 1974 ia menerima gelar MA dalam Ekonometrika, Riset Operasi dan Sistem Informasi dari University of Groningen. Pada tahun 1982, di sini ia juga menerima gelar PhD pada subjek "Simulasi dalam Sistem Informasi Pembangunan

Dari tahun 1974-1984 Sol adalah asisten profesor di University of Groningen, di mana ia terlibat dalam pengembangan dan kontrol dari Program Magister Sistem Informasi dalam School of Economics dan Management Science. Pada 1984 ia menjadi guru besar Pengembangan Sistem Informasi di Delft University of Technology (TU Delft), di mana dia mengembangkan Sistem Informasi Departemen ke salah satu Sekolah Teknik Informasi terkemuka di Eropa. Pada tahun 1992 ia menjadi Guru Besar Systems Engineering di Delft University of Technology sejak tahun 1998 di Fakultas Teknologi, Kebijakan dan Manajemen. Sejak 2004 ia adalah Profesor of Business Engineering and ICT di Universitas Groningen juga.

Dari 1992-1998 Sol adalah pendiri Dekan Sekolah baru untuk Teknik Analisis Kebijakan dan Manajemen di TU Delft. Ia siap merger, pada tahun 1998, ke dalam Fakultas Teknologi Kebijakan dan Manajemen (TPM). Dari tahun 1999 hingga 2004 dia diangkat sebagai Direktur Ilmiah Delft Institut Teknologi informasi dalam Systems Engineering (DITSE). Dan dari tahun 2000 - 2003 ia kembali Dekan Fakultas Teknologi, Kebijakan & Manajemen lagi. Dari 2007-2008 ia mendirikan Dekan Fakultas Ekonomi dan Business di University of Groningen. Ia juga meninjau eksternal di MIT Portugal, Program ini diluncurkan pada bulan Oktober 2006

Dia melayani di editorial peran dengan jurnal "Decision Support Systems", "Electronic Journal of E-commerce", "Organizational Science", "Communications of AIS" dan "Informasi dan Manajemen". Dia adalah anggota IFIP TC 8, WG 8.1, 8.2, 8,4 dan salah satu pendiri AIS dan salah satu wakil presiden pertama.

Lebih lanjut Sol telah bertindak sebagai konsultan manajemen untuk berbagai macam organisasi nasional dan internasional sejak tahun 1972. Dia adalah ketua / anggota (Pengawas) Dewan Direksi dari beberapa perusahaan, misalnya di Yoh. Enschedé BV, NV. Enschede BV, dan Bandara Groningen Eelde NV.

Ia menerima IFIP Outstanding Service Award serta IFIP Silver Core. Pada tahun 2003 TU Delft TPM memprakarsai Fakultas Henk G. Sol tahunan Award untuk anggota fakultas dan mahasiswa PhD yang terbaik untuk kertas atau publikasi, untuk menghormati Prof Henk Sol, yang mungkin dianggap sebagai pendiri dari TPM.

0 komentar: