Berkomunikasi nyaman lewat email

Netiket adalah etika berkomunikasi dalam email, dalam melakukan komunikasi di email di perlukan sebuah etika atau tata cara dalam berkomunikasi, komunikasi email sama seperti komunikasi dalam chating, komunikasi kehidupan sehari-hari, dan komunikasi dalam bertelepon harus menggunakan etika.
karena berkomunikasi berhubunganya dengan manusia, sehingga kita harus mengetahui etika yang baik dalam berkomunikasi, sangat fatal bila kita melakukan sebuah komunikasi tanpa mengetahui tata cara dan etikanya, bisa-bisa orang yang berkomunikasi dengan kita bisa merasa tersinggung.

ada beberapa tips dalam melakukan komunikasi nyaman lewat email :
  1. Jangan mengirimkan Spam
    jika anda ingin melakukan promosi dan menyebarkan iklan, sebaiknya kirim ke orang yang tepat dan membutuhkan, karena jika anda salah sasaran orang akan merasa terganggu dengan spam yg anda kirimkan, karena akan menumpuk di email orang tersebut.
  2. Cermat dalam melakukan balasan (Reply)
    fasilitas Reply pada mailer biasanya akan mengutip pesan asli dari pesan yang anda terima, jika anda ingin menggunakan kutipan asli sebisa mungkin hapus bagian-bagian yang tidak penting agar balasan dari kita tidak terlalu panjang, dan membalas pesannya jangan terlalu singkat, seperti "OK","Siap","Betul", karena bisa membuat kesal si pengirim pesan.
  3. Jangan menggunakan huruf kapital
    Menggunakan huruf kapital pada email biasanya di anggap melakukan teriakan, di samping itu
    menggunakan huruf besar/kapital yang berlebihan tidak enak dilihat, Orang akan menjadi cepat letih membaca tulisan yang huruf besarnya sangat dominan
  4. Jangan melakukan Hinaan
    yang harus di perhatikan email bukan lah sasana tinju, jangan menunjukan rasa tidak suka anda dalam email kepada seseorang apa lagi sampai melakukan penghinaan, karena mailer di fasilitasi fasilitas forward sehingga email anda dapat di copy, lalu di posting di milis atau di newsgroup. sehingga bisa menjadi boomerang buat anda sendiri.
  5. Gunakan kata-kata sopan
    perhatikan kepada siapa email anda akan di tujukan, bertujuan apa email anda dikirim, sebaiknya gunakan kata-kata yang ramah dan menggunakan idiom yang baik sesuai dengan keperluannya, jangan menggunakan kata-kaata kotor dan menghina
  6. 'Subject' Jangan di kosongkan
    Jangan sekali-kali mengosongkan subject, karena kebanyakan orang apabila mencari arsip e-mailnya, dia melakukan sortir berdasarkan subject. Anda mengirim e-mail tanpa subject yang jelas, sama saja anda mengendarai mobil tanpa SIM. Apabila tanpa subject sama sekali, berarti anda mengendarai mobil tanpa mobil.
  7. Jangan terlalu panjang
    Jangan berpanjang-panjang kata apabila menulis pesan. Selain untuk keperluan lomba membuat cerpen, lebih baik anda menulis seperlunya saja. Pesan-pesan yang terlalu panjang dan bertele-tele malah akan membiaskan arti yang sebenarnya diharapkan dimengerti oleh si penerima. Alih-alih penerima mengerti, yang ada juga e-mail anda masuk ke trash.
  8. Jangan kirim file terlalu besar
    Peraturan email secara internasional melarang pengiriman format melalui email, apalagi di dalam milis.
    engiriman file yang besar, akan membuat proses downloading menjadi lamban, dan ini jelas menambah beban pulsa. Jika file melebihi kuota, maka proses downloading praktis terganggu. Jika ini terjadi, Anda bisa dituduh telah melakukan bomb-mail, yang di dalam dunia internet, dianggap sebagai kriminal.

0 komentar: