Tips Etika dalam Chatting

         chatting merupakan suatu trend yang sedang booming di dunia, dari anak muda, orang dewasa sampai orang tua bisa melakukan chatting, hal ini di lakukan karena dengan chat kita bisa melakukan komunikasi secara langsung dengan orang yang sedang diajak chat dengan kita, tidak ada batas waktu walau tempat berada jauh di antara orang yang sedang melakukan komunikasi. komunikasi bisa di lakukan secara bersamaan, tanpa harus menunggu giliran, sehingga hal ini yang membuat orang lebih nyaman melakukan chat di banding dengan sms.
         namun dalam melakukan chat sering terjadi kebablasan yang tidak terkontrol, sehingga dapat menyinggung perasaan orang yang sedang diajak chatting. untuk itu harus ada tata krama dan etika dalam melakukan chat. saya akan memberikan sedikit Tips dalam berchat:
  1. Sopan hal ini dilakukan agar orang yang kita ajak chat merasa lebih di hargai tidak menggunakan kata-kata kasar dan jorok, sehingga orang akan merasa lebih nyaman saat berkomunikasi dengan kita.
  2. Percakapan tidak mengandung SARA hal ini harus di hindari agar tidak menyinggung perasaan orang lain sehingga dapat menimbulkan konflik
  3. Jangan melakukaan flood yang dapat membuat error koneksi, sehingga dapat membuat kesal orang yang sedang kita ajak chat.
  4. Jangan menggunakan Huruf Kapital karena ini beranggapan bahwa kita sedang berteriak, dan jangan menggunakan huruf dan warna yang terlalu mencolok, karena dapat membuat mata lelah dan ini dapat menggangu kenyamanan saat melakukan chat.
  5. Dilarang iseng tidak semua orang yang sedang online berarti memiliki waktu luang, bisa saja dia sedang melakukan pekerjaan, sehingga hindari melakukan Buzz secara berulang-ulang karena ini dapat menggangu dan membuat orang kesal, tapi jika niatnya hanya untuk memberi tahu kehadiran kita cukup hanya sekali melakukan Buzz
  6. Ucapkan salam tidak ada salahnya kita lakukan, agar kita terkesan ramah dan orang yang kita ajak chat pun merasa senang, jangan lupa ketika kita akan meninggalkan percakapan sebisa mungkin memberitahu kepada lawan bicara kita.
  7. Informasi harus bermakna jadi kita tidak boleh melakukan enter berkali-kali tanpa ada percakapan yang dilakukan, dan jangan melakukan pengejekan dan kata-kata senonoh kepada orang yang kita ajak chat.
  8. Nickname & avatar, gunakan nickname dan avatar yang sopan, sebisa mungkin nickname kita yang dapat orang ketahui, dan usahakan nickname tidak menggunakan nama asli.karena nick mencerminkan pribadi orang tersebut
  9. Room pilihlah room yang sesuai dengan kategori kita, jangan ketika kita salah masuk room melakukan dialog yang membelok dari tema room tersebut, lebih baik kita keluar saja dari room tersebut
ini merupakan sedikit informasi dan tips buat anda sekalian, semoga bermanfaat dan selamat berchating

0 komentar: