Etika Bertelepon Yang Baik

Handphone saat ini sudah menjadi salah satu barang kebutuhan pokok, karena melalui handphone kita dapat berkomunikasi dengan orang-orang diamana pun dan kapan pun. namun pernah kah terpikir oleh kita bahwa saat bertelepon kita sudah melakukannya dengan etika bertelepon?
saya akan membagi sedikit tips ketika kita bertelepon dengan seseorang sehingga cara kita bertelepon bisa lebih baik:
  1. Angkat telepon yang bersifat penting dan berbicara secukupnya. Terutama saat anda sedang bekerja
  2. Segera angkat gagang telepon sebelum telepon berdering untuk yang ke 3 kalinya.
  3. Pegang gagang telepon dengan baik. Hal ini penting untuk menghindarkan suara yang kita keluarkan tidak jelas . Perhatikan juga jarak telepon, jangan terlalu dekat ataupun terlalu jauh dengan mulut kita.
  4. Ucapkan salam baik pada saat kita menelpon atau menerima telepon, seperti Selamat Pagi, Selamat Siang, Selamat Sore dsb. Bila menerima telepon di kantor biasanya kita sebutkan identitas perusahaan, salam, nama dan kalimat bisa dibantu. Misal: PT XXX, Selamat pagi/siang/sore, dengan Dian bisa dibantu..?
  5. Matikan fungsi suara atau gunakan nada getar dalam ruangan yang banyak berisi orang
  6. Gunakan handsfree saat berada di ruangan yang sibuk dan berisik. Selain memungkinkan anda mengeliminir suara saat berbicara, menghindari terlibat perbincangan yang mengganggu orang lain
  7. Menjaga sopan santun dengan orang didekat anda, jika kebetulan anda harus mengangkat telepon bersifat penting
  8. Jangan lupa tanyakan identitas penelpon dengan kalimat, boleh tahu dengan Bapak/Ibu/Mas/Mbak siapa saya berbicara..?
  9. Gunakan kata-kata dan kalimat yang enak di dengar, seperti memberikan sugesti kepada lawan bicara bahwa kita tuch bicara selalu dengan tersenyum (suara usahakan lemah lembut, enak di dengar) dan bicara jangan terlalu cepat, bisa-bisa terjadi miss comunication.
  10. Simak baik-baik pesan atau kalimat yang diucapkan lawan bicara. Jangan memotong pembicaraan. Bila perlu mencatat, siapkan selalu alat tulis di dekat kita. Apabila tidak mengerti, tidak ada salahnya kita melontarkan pertanyaan
  11. Akhiri pembicaraan dengan pertanyaan "apakah ada lagi yang bisa kita bantu?" atau ada hal-hal penting yang terlewat untuk disampaikan. Bila tidak maka ucapkan terima kasih dan jangan lupa ucapkan kembali salam
  12. Yang menghubungi atau menelpon adalah yang meletakkan / menutup gagang telepon terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindarkan adanya hal penting yang mungkin belum disampaikan sepanjang pembicaraan dan telepon keburu ditutup atau berkesan kita mentup/membanting telepon padahal lawan biacara belum selesai berbicara.
selamat menerapkan di kehidupan nyata, semoga bermanfaat!!

1 komentar:

anggie mengatakan...

masih,,tentang etika bertelfon yg baik..
aku ada tgs kampus nih tentang etika bersika n bertelfon para banker,, bisa bantu???